Cara Mudah Membuat Ban Tubles Motor Anda Lebih Awet dengan Perawatan yang Tepat

Keamanan dalam berkendara adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan komponen pada motor yang terbaik. Misalnya saja dengan memilih jenis ban yang tepat, seperti yang diketahui bahwa dipasaran sudah ada 2 tipe ban yang beredar yaitu ban biasa atau tubles. Cara umum memang keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, inilah yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Banyak orang yang mengatakan bahwa ban tubles motor itu lebih awet dari pada ban biasa, ini terlihat dari ukuran, kualitas serta harga yang lebih mahal.

Pada dasarnya ungkapan mengenai jenis ban type tubles yang lebih awet itu tidaklah benar karena ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Seperti pernyataan banyak orang yang mengatakan bahwa type tubles memang lebih tahan akan kebocoran dan bahkan tidak bisa bocor. Ini adalah salah satu kesalahan yang perlu dipahami. Secara umumnya memang keduanya dibuat dengan bahan, model serta ukuran yang berbeda. Hanya saja seri tubles itu mempunyai waktu yang lebih panjang untuk kempes ketika terkena paku ataupun benda tajam lainnya. Jadi Anda tetap bisa sampai pada bengkel atau tambal ban yang paling dekat tanpa harus mendorong motor akibat kondisi ban bocor atau kempes.

Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa tubles mempunyai masa pakai atau keawetan yang lebih baik tetapi hal itu tidak terlepas dari perawatan yang tepat pula. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk memaksimalkan masa pakai ban jenis tubles yang Anda gunakan yaitu:

1. Lakukan pengecekan rutin.

Menggunakan tubles ataupun tidak pada dasarnya pengecekan secara rutin itu sangat penting, hal ini menunjukkan kondisi ban yang lebih baik. Langkah satu ini bisa Anda lakukan setiap pagi sebelum beraktivitas. Misalnya dengan mengecek apakah ban tubles motor Anda sudah mengalami kegundulan atau tipis, apakah ban mengalami keseimbangan yang tidak baik dan bisa juga dari udara yang ada pada ban. Jika memang sudah mengalami masalah atau kerusakan bisa lakukan penggantian segera.

2. Tekanan air.

Langkah selanjutnya adalah pengecekan pada tekanan air, ini sangat penting karena akan mempengaruhi performa Anda di jalanan. Jangan isi terlalu banyak udara ataupun terlalu sedikit sehingga mengakibatkan kurangnya keseimbangan saat berjalan di jalanan. Untuk mengetahui hasil yang akurat dalam proses satu ini, Anda bisa menggunakan alat bantu yang aman.

3. Hindari lem.

Beberapa bengkel sering menawarkan penggunaan lem pada ban yang mengalami masalah atau kebocoran. Secara waktu dan kepraktisan memang lebih mudah dan cepat menggunakan lem bagi ban yang bocor. Tetapi hal itu dapat merusak bagian ban yang tidak bocor lainnya, bahkan kotoran-kotoran pada lem akan merusakkan permukaan pada ban Anda.

4. Jangan membawa beban berlebih.

Meskipun secara keawetan memang type tubles lebih baik dari pada umumnya, tetapi hal itu tidak menjadikan Anda lebih leluasa menggunakan berbagai beban. Kerusakan ban motor akan terjadi ketika Anda membawa beban yang terlalu berat.

Secara umum memang cara penggunaan atau perawatan ban jenis tubles itu sama saja dengan ban lainnya. Hanya saja Anda akan lebih terbantu karena masa pakai yang lebih lama, bahkan hal itu terjadi pula ketika Anda mengalami masalah seperti paku yang tertancap ataupun yang lainnya. Selain terkena paku, penggunaan ban tubles motor secara sembarangan juga bisa menyebabkan mempercepat kerusakan pada ban Anda. Semoga sedikit informasi diatas bisa membuat Anda paham akan penggunaan ban type tubles yang pada kendaraan Anda.

Leave a Reply